“Pembaruan dalam Sejarah: Expository Sejarah dalam Iskandar Agung”

“Pembaruan dalam Sejarah: Expository Sejarah dalam Iskandar Agung”

Kajian Kamis Progres pada tanggal 16 Februari 2023

“Janganlah jadi serupa dengan dunia ini,tetapi berubahlah pembaharuan budimu, kamu dapat membedakan mane kehendak tuhanmu, apa yang baik, yang berkenan dengan allah dan yang sempurna”

Dalam hal ini dapat membedakan manusia menjadi 2 jenis:

  • Berorientasi dengan dunia
  • Berorientasi dengan kehendak tuhan

SUDAHKAH KITA MENGALAMI PEMBAHARUAN DALAM HIDUP KITA YANG SUDAHMUSLIM SEJAK LAHIR?

Perbaharuuilah budi dan akalmu namun manusia banyak lalai karena mereka tak mengerti esensinya.

APA ITU PEMBAHARUAN BUDI?

Pembaharuan dalam budi dan akal adalah sesuatu yang di amanatkan oleh tuhan yang selalu berjalan (always changing) mengarah kebaikan, salah satu hal ynag tak perlu dirubah wujud kita sebagai manusia karena ciptaan ini lah hal yang paling sempurna degan segala bentuk.

Pembaharuan budi adalah berubah prinsip dan cara berpikir.

Ibrah kisah Iskandar agung seorang Raja yang menjadi satu satunya tokoh dunia yang tak pernah kalah dalam pertempuran perang, seorang raja yang bijaksana, seorang raja yang berpikiran terbuka, yang melopori atas pembaharuan baik moral maupun mental dalam sejarah berani melawan sesuatu yang menjerat kemajuan.

Salah satu kunci dalam bertahan adalah melakukan perubahan dan pembaharuan saperti yang di lakukan oleh Iskandar agung, dapat kita lihat sejarah pemimpin dictator yang dinastinya tak bertahan lama hanya sisa kenangan dan perilaku buruk yang turun dalam cerita.

“The renewal of your mind, renewal of your spirit through transformation in the principle of Reformed”

Q&A

Apakah Iskandar Agung yang kita bahas ini adalah zulkarnaen yang disebut dalam Al Quran itu sama? Dalam pandangan sejarah tentu banyak pendapat dan pensafsiran tapi  menurut pemateri dengan melihat dari buku Histori of alexander the great yang  memiliki kesamaan dalam cerita.

🗞 Semoga bermanfaat,  jangan lupa share agar saudara kita juga mendapat kebaikan dan semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya😉 »»»

➖➖➖

👥: Progres Tazkia

🐦: @KSEI_Progres

📷: progrestazkia

🌐: www.kseiprogres.com

Leave a Reply