Agar Penurunan Suku Bunga Bank Lebih Optimal

Agar Penurunan Suku Bunga Bank Lebih Optimal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Suku bunga 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) ditahan di level 3,5 persen dalam Rapat Dewan Gubernur BI bulan April 2021. Tren penurunan suku bunga perbankan juga masih terus berlanjut hingga saat ini. “Biasanya dunia usaha mulai confident  bahwa ekonomi mulai membaik dengan ditahannya suku bunga acuan, jadi kini mereka bisa mulai kredit lagi, daripada suku bunga acuan turun lagi itu menurunkan apetite kredit,”  katanya. hingga retail tergantung dengan risiko.

David menilai penurunan SBDK yang optimal bisa mirip dengan penurunan suku bunga acuan. Namun ini tergantung pada peta persaingan antar bank. Semakin ketat maka penurunan bisa lebih signifikan.

Peneliti Indef Bhima Yudhistira menyampaikan penurunan suku bunga perbankan bisa didorong dari sisi pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan. “Pemerintah menerbitkan SBN dengan yield tinggi, sehingga perbankan lebih tertarik beli SBN dengan dapat marging hingga 1-2 persen, daripada disalurkan ke dunia usaha yang masih berisiko,” katanya. Seperti kredit korporasi yang sudah mirip dengan yield Surat Berharga Negara (SBN). Total kepemilikan bank di SUN senilai Rp 622,2 triliun atau 22,6 persen dari total SUN rupiah yang dapat diperdagangkan. Porsi dana perbankan di SUN pun naik menjadi 38,77 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan jika bunga kredit ini paling banyak turun dari kalangan Bank BUMN (suku bunga dasar kreditnya “SBDK” turun 266 bps menjadi 8,7 % dan beberapa bank swasta. Namun penurunan bunga kredit dinilai masih kurang, karena suku bunga dana sudah turun signifikan. Oleh karena itu Perry mengajak untuk bank swasta lain dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk menurunkan bunga kredit.
Jika sudah turun maka akan berdampak pada bunga kredit mikro yang SBDKnya masih double digit namun sudah mengalami penurunan
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

https://m.republika.co.id/berita/qrvcm7370/agar-penurunan-suku-bunga-bank-lebih-optimal

🌐➖🌐➖🌐➖🌐➖🌐➖🌐
[Keep in Touch with Us]
👥: Progres Tazkia
🐦: KSEI_Progres
📷: progrestazkia
🌍: www.progrestazkia.com
🎥: Progres Tazkia

Leave a Reply