Indonesia-Negeri Ramah Filantropi.

Indonesia merupakan negeri dengan jumlah populasi penduduk terbanyak ke-4 didunia. Indonesia juga terkenal dengan keragaman suku bangsa dan budayanya yang tersebar di 34 provinsi. Salah satu ciri khas budaya di indonesia yang diajarkan oleh nenek moyang kita ialah budaya tolong menolong dan gotong royong. Yang sudah melekat pada masyarakat indonesia hingga saat ini.

Sebelum kita membahas indonesia sebagai negara yang ramah akan filantropi. Alangkah lebih baiknya kita cari tahu dulu apa itu filantropi.

Anda sering mendengar kata filantropi?
Kira-kita udah tau maknanya belum?
jika belum, yuk kita simak penjelasan berikut ^_^

Dalam KBBI filantropi berarti cinta kasih (kedermawanan dan sebagainya) kepada sesama. Menurut H. Bahrul Hayat, Ph.D, Philanthropy adalah Cinta kemanusiaan yang ditunjukkan dengan kebaikan dan bantuan yang nyata untuk kesejahteraan orang lain (kemanusiaan).

Dari pengertian diatas, setidaknya 3 kata kunci dalam filantropi yaitu:

  1. membantu sesama
  2. meningkatkan kualitas hidup manusia
  3. kebaikan sesama

Dalam pandangan islam, Prof Dr. KH. Didin Hafidhuddin mengatakan bahwa filantropi adalah perbuatan yang sangat mulia, bagian utama dari ketakwaan seorang muslim, perbuatan yang akan mengundang keberkahan, rahmat dan pertolongan Allah, perbuatan yang akan menyelamatkan kehidupan secara luas. Beliau juga menuturkan seyogyanya Filantropi dijadikan sebagai kebutuhan dan life style (gaya hidup) seorang Muslim. Karena sesungguhnya filantropi merupakan ibadah dibidang harta yang memiliki posisi sosial yang sangat penting.

Adapun Instrumen-instrumen Filantropi dalam islam terwujud dalam bentuk zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf. Yang sering kita sebut dengan kata ZISWAF. Hal itu banyak dijelaskan di dalam al-quran seperti surat At-Taubah [9] ayat 60 dan 103, surat Al-Baqarah [2] ayat 177 dan 261, Surat Ali Imran [3] ayat 92, ayat 133 dan 134, dan sejumlah ayat lainnya. Di dalam Al Quran dijelaskan kedudukan dan peran filantropi khususnya zakat, infak dan shadaqah sebagai bukti keimanan dan kecintaan seseorang muslim terhadap perbuatan baik yang membawa keberuntungan dunia dan akhirat.

Filantropi Islam dalam bentuk zakat, wakaf, dan sedekah berfungsi sebagai instrumen korektif atas ketidak seimbangan dan ketidak adilan yang terjadi dalam masyarakat. Filantropi juga merupakan instrumen pembangunan. Sebagai contoh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya menggunakan instrumen zakat, wakaf, dan sedekah untuk membangun umat dan kota Madinah Almunawwarah sebagai kota Islamis pertama.

Dan tahukah anda?
Baru-baru ini indonesia mendapatkan prestasi yang membanggakan. Yaitu Indonesia berada pada peringkat ke-1 sebagai negara paling dermawan di dunia dari 146 negara. Disusul Australia dan Selandia baru, di peringkat 2 dan 3. (Berdasarkan CAF world giving index 2018).

Ada 3 hal yang menjadi penilaian, pertama sebanyak 78 persen orang Indonesia ternyata senang mendonasikan uangnya kepada sesama. Kedua, dalam penilaian menjadi sukarelawan, nilainya mencapai 53 persen, dan yang terakhir disusul membantu orang asing sebanyak 46 persen.

Penulis

M. Thufeil T.- Ketua KSEI Progres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *